Trasram adalah plester anti air yang dibuat dengan semen untuk aplikasi pada dinding bata. Trasram memiliki kekuatan rekat tinggi, anti retak, ketahanan tinggi dan sifat anti air. Berlaku untuk batu bata merah, dan bata ringan aerasi (AAC / ALC) pada area lembab.

Trasram adalah jenis dinding bata yang kedap air. Karen sifat trasram yang anti air, maka biasanya terletak paling bawah, tepat diatas sloof. Trasram juga digunakan untuk dinding kamar mandi dan dapur yang sering basah.

Pasangan trasram berhubungan langsung dengan bagian bawah bangunan (tanah) yang mengandung air, yang dapat merembes ke pasangan bata biasa sehingga menyebabkan ruangan lembab, basah dan berjamur. Akibat dinding tembok basah tersebut, maka ruangan menjadi tidak nyaman. Untuk mencegah dinding tembok tidak basah, maka dibuat dinding kedap air yaitu trasram dengan menggunakan spesi campuran 1 PC : 2 Pasir. Untuk dinding normal trasram dipasang mulai 0,20 m dibawah lantai hingga 0,20 m diatas lantai. Sementara untuk Trasram kamar mandi, tinggi trasram minimum adalah 1,50 m di atas lantai sehingga air cipratan mandi tidak membasahi dinding bata biasa.

Bahan Trasraam

  • Plester trasram instan (MU-101)

Plester trasram instan dibuat dengan bahan untuk spasi campuran yang langsung digunakan tanpa perlu adanya campuran/komposisi lainnya. Plester instan yang biasa digunakan misalnya Mortar Utama MU-101.

  • Seng plat datar tahan karat  (BJLS50)

Fungsi dari pemakaian seng plat dalam pembuatan trasram adalah sebagai pencegah rayap. Disamping itu, trasram yang dilapisi seng akan lebih awet karena lebih tahan terhadap karat daripada besi. Cara pembuatannya yaitu semua sambungan seng harus di solder secara rapat agar dapat menghalau kelembaban.

  • Karet trasram (karet talang atau lembaran PE)

Selain bahan seng, trasram juga bisa dibuat dengan lapisan bahan karet yang kedap air. Cara pembuatan trasram ini yaitu karet trasram di potong sesuai dengan lebar sloof bangunan dan setiap sambungannya harus diberi overlap minimal 10 cm.

  • Trasram dengan bahan lapisan aspal (bitumen atau kertas aspal)

Trasram juga bisa dibuat dengan lapisan aspal atau bitumen. Trasram lapisan aspal bisa digunakan untuk sloof beton bertulang atau di bawah sloof struktur kayu. Tebalnya sekitar 2 mm, dibuat dengan cara mengecat 2-3 kali lapisan aspal panas dengan bitumen ataupun karet latex emulsi.

  • Plesteran emulsi

Trasram dengan emulsi biasanya terbuat dari Plesteran semen, namun di tambah bahan sintetis seperti material call-black.

Kelebihan menggunakan trasram pada bangunan:

  • Melindungi bangunan dari kelembaban
  • Anti lembab, sehingga ruangan tidak basah
  • Melindungi dinding interior dari jamur dan pengelupasan
  • Melindungi ruangan yang ada di samping kamar mandi
  • Lantai ubin (keramik) lebih awet dan tidak mudah lepas

Kekurangan menggunakan trasram pada bangunan :

  • Pemasangan memerlukan waktu sehingga lebih merepotkan
  • Dengan menambah trasram tentu akan membuat biaya lebih mahal
Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *