Pada beberapa rumah dan orang sering menemui cacing tanah yang panjang dan bewarna merah gelap merayap di dinding kamar mandi.

Tidak jarang orang merasa jijik melihat cacing dengan kontur tubuh yang licin. Sehingga, untuk mengatasinya hanya sering disiram air hingga masuk ke lubang pembuangan.

KENAPA HAL TERSEBUT BISA TERJADI?

Cacing merah biasanya bisa terbawa ke kamar mandi karena aliran air yang berada di bawah rumah. Bagi anda yang menggunakan air dari sumur bor kemungkinan besar akan mengalami masalah ini juga.Itu karena air tersebut belum diolah sedemikian rupa sebelum mengalir ke rumah dan sebagainya.
Bukan hanya jenis air yang digunakan, sistem drainase rumah yang buruk pun bisa menyebabkan cacing menyusupi kamar mandi yang lembap. Apalagi jika sela-sela lantai alias nat tidak tertutup dengan sempurna.

BAGAIMANA CARA MENGATASINYA?

  1. Cara Menghilangkan Cacing di Kamar Mandi
    Anda dapat menggunakan cairan pembersih kimia yang dituangkan pada sela-sela nat yang terbuka. Anda juga dapat menggunakan bahan alami seperti garam.
    Anda juga harus membersihkan bak kamar mandi. Bila anda menggunakan air dari PDAM, kemungkinan masuknya cacing ke dalam bak mandi rendah karena air mengalami beberapa tahap pengolahan.
    Namun, bila anda menggunakan air sumur, dimana air langsung diambil dari tanah tanpa adanya proses pengolahan. Apalagi bila di tampung dalam tendon, maka kemungkinan mengandung cacing dan telurnya. Sehingga perlu dilakukan rutin pembersihan pada tendon air.
  2. Cara Menghilangkan Cacing di Tandon
    Pembersihan tendon dapat dilakukan dengan manual. Setelah dilakukan pembersihan, anda juga dapat memasang filter atau penyaring air di keran tendon ataupun memberikan sedikit kaporit sehingga airnya bersih.
    Setelah tendon bersih, bak mandi harus pula anda bersihkan.

MENCEGAH CACING KEMBALI

Pencegahan cacing dapat dilakukan dengan mengisi ulang sela-sela lubang pada nat, karena nat akan tergerus dengan paparan air. Tidak hanya pada lantai kamar mandi namun juga pada dinding.

SEMOGA BERMANFAAT

Jangan lupa berikan komentar bila anda ingin berpendapat dan memberikan rekomendasi laiinya untuk dibahas

Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *