Pernahkah kamu melihat ketika melakukan pekerjaan pengecoran, pasti kita melihat suatu benda (seperti gambar di samping) yang diletakkan di sela-sela antara besi dan bekisting. Benda seperti foto tersebut di atas dinamakan beton decking atau istilah lain tahu beton.

Decking beton atau dalam bahasa lapangan sering disebut tahu beton adalah beton yang di buat berbentuk silinder ataupun kubus yang memiliki ketebalan sesuai dengan selimut beton yang diinginkan. Biasanya berbentuk kubus dan silinder.

Beton decking memiliki fungsi yaitu guna memastikan bahwa jarak antara pembesian dan selimut beton sudah sesuai dengan perencanaan awal. Tanpa adanya beton decking, maka posisi besinya turun bahkan telalu rapat dengan kulit luar selimut beton. Hal ini bisa membuat besi yang mengembang membuat selimut beton retak dan membahayakan hasil proyek konstruksi.

Tahu beton ini sengaja dibuat guna menjaga agar tulangan suatu konstruksi terletak sesuai dengan aturan syarat penulangan pada beton precast. Dengan demikian, maka kekuatan akan maksimal dan tulangan terlindungi dari korosi ataupun karat.

Pada dasarnya pembuatan beton decking terbuat dari campuran beton, berbentuk silinder kecil,dengan diameter 10 cm dan ketebalannya menyesuaikan dengan ketebalan selimut beton yang direncanakan oleh Konsultan Perencana Dalam pembuatannya, diisikan kawat bendrat pada bagian tengah yang nantinya dipakai sebagai pengikat pada tulangan.

Ketebalannya berbeda tergantung pada kondisi iklim dimana kosntruksi dilakukan. Pada cuaca yang ekstrim atau pada tingkat asam atau garam yang tinggi maka ketebalannya pun menyesuaikan. Hal ini berbeda jika cuaca pada konstruksi relatif normal. Ketebalan selimut ini akan membuat beton terlindungi dari kontaminasi lingkungan luar yang bisa mempengaruhi ketahanannya.

Produk yang merupakan produk pracetak ini bisa didapatkan dengan ketebalan berbeda. Penentuannya tergantung kebutuhan dan kondisi cuaca dimana konstruksi dilakukan. Selain melindungi dari lingkungan maupun cuaca ekstrim, fungsi lainnya adalah untuk memaksimalkan kekuatan dari beton serta besi tulangan.

Selain dalam bentuk beton, pada saat pelaksanaan juga dpat dilakukan menggunakan besi tulangan dengan profil bentuk huruf Z siku.

Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *