Bendung adalah sebuah konstruksi yang dibangun melintasi aliran sungai yang berguna untuk mengubah karakteristik aliran sungai atau menghalangi aliran sungai agar permukaan air sungai naik sampai pada ketinggian Bendung itu sendiri. sehingga. Bangunan ini membiarkan air sungai tetap mengalir meluap melewati bagian atas bendung.

Bendung bermanfaat untuk menaikan air agar bisa mengalir ke saluran irigasi.selain itu juga bisa untuk mencegah banjir, mengukur debit sungai, danmemperlambat aliran sungai sehingga menjadikan aliran sungai mudah dilalui.

Salah satunya Bendung Gerak Serayu, Bendungan yang satu ini fungsi utamanya yaitu sebagai media irigasi bagi persawahan yang mencakup area Kabupaten Banyumas, Cilacap dan sebagian Kebumen.

Namun selain daripada fungsi tersebut, Areal Bendungan ini juga berfungsi sebagai tempat wisata dengan biaya cukup terjangkau yaitu cukup membayar lahan parkir saja.

Bendungan merupakan sebuah konstruksi yang dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk, danau, ataupun tempat rekreasi. Seringkali bendungan juga digunakan untuk mengalirkan air untuk menggerakan turbin Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA). Bendungan memiliki bagian yang disebut dengan pintu air yang digunakan untuk mengalirkan air yang tidak diperlukan secara bertahap. Fungsi bendungan diantaranya sebagai pembangkit listrik, untuk menstabilkan aliran air/ irigasi, untuk mencegah banjir, untuk bangunan pengalihan.

Salah satu bendungan yaitu Waduk Jatiluhur memiliki fungsi penyediaan air irigasi untuk 242.000 ha sawah (dua kali tanam setahun, air minum, budi daya perikanan dan pengendali banjir yang dikelola oleh Perum Jasa Trita II.

Selain berfungsi sebagai PLTA dengan sistem limpasan terbesar di dunia, kawasan Jatiluhur memiliki banyak fasilitas rekreasi yang memadai, seperi hotel dan bungalow, bar dan restaurant, lapangan tenis, bilyard, perkemahan, kolam renang dengan water slide, ruang pertemuan, sarana rekreasi dan olahraga air, playground dan fasilitas lainnya. Sarana olahraga dan rekreasi air misalnya mendayung, selancar angin, kapal pesiar, ski air, boating dan lainnya.

Di perairan Danau Jatiluhur ini juga terdapat budidaya ikan keramba jaring apung, yang menjadi daya tarik tersendiri. Di waktu siang atau dalam keheningan malam kita dapat memancing penuh ketenangan sambil menikmati ikan bakar. Dikawasan ini pula kita dapat melihat Stasiun Satelit Bumi yang dikelola oleh PT. Indosat Tbk. (±7 km dari pusat Kota Purwakarta), sebagai alat komunikasi internasional. Jenis layanan yang disediakan antara lain international toll free service (ITFS), Indosat Calling Card (ICC), international direct dan lainnya.

Kesimpulan sederhananya, jadi perbedaan antara bendung (weir) dan Bendungan (dam) diantaranya terletak pada fungsi dari pembuatan konstruksi itu sendiri. Bendung dibangun untuk menaikan muka air di sungai tetapi air tetap melewati ketinggian bendung itu sendiri, sedangkan Bendungan dibangun untuk menahan laju air menjadi waduk atau danau. Dalam hal ini konstruksi (dam) lebih besar daripada bendung (weir).

Categories: Blog

0 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *